SELAMAT DATANG DI LAMAN RESMI PEMERINTAH DESA KRANDEGAN KECAMATAN NGRAMBE KABUPATEN NGAWI

Artikel

SEJARAH DESA KRANDEGAN

08 Januari 2023 06:36:55  Administrator  186 Kali Dibaca 

Menurut sumber cerita dari para sesepuh desa, banyak versi mengapa Desa ini dinamakan Desa Krandegan. Krandegan berasal dari kata Endegan yang berarti tempat berhenti. Karena, ada cerita mitos yang berkembang, bahwa apabila ada suatu wabah atau peristiwa semacam kekacuan, pasti akan terhenti sebelum memasuki Desa ini atau tidak pernah memasuki wilayah Desa Krandegan. Namun ada pula cerita yang berkembang bahwa pada masa Penjajahan, ketika Belanda memasuki Desa ini pasti terhenti atau putar balik dikarenakan memasuki wilayah hutan, sehingga tidak mungkin meneruskan perjalanan. Sejarah mengenai kapan desa ini berdiri tidak pernah diketahui secara pasti, dikarenakan tidak adanya catatan tentang sejarah desa Krandegan, semua hanya berasal dari cerita turun temurun.

Menurut cerita dan Mitos yang berkembang, Desa Krandegan dulunya merupakan hutan belantara. Kemudian oleh Nyai Surodilogo, hutan belantara ini di tebang untuk ditempati dan dijadikan sebuah pemukiman. Jadi, sejak bermukimnya Nyai Surodilogo inilah kemungkinan berdiri sebuah desa. Nyai Surodilogo sendiri merupakan seorang Janda, mengenai siapa anak turunnya juga tidak diketahui. Ada mitos pula yang berkembang di Desa Krandegan ini, bila ada seorang Janda yang hidup di Desa Krandegan, akan lebih mampu bertahan hidup bila dibandingkan oleh seorang laki - laki.

Selain itu ada yang unik pula di Desa Krandegan ini bahwa seluruh warga Desanya tidak ada yang  berani untuk menanam tanaman kedelai, dikarenakan di Desa Krandegan terdapat Makam Punden yang bernama Makam Nowong yang diyakini sebagai makam dari seorang utusan Mataram. Penyebabnya adalah pada saat Mbah Nowong sedang berpatroli di wilayah Kadipaten Ngawi dengan menaiki Kuda. Ketika sedang melewati Desa Krandegan, Kuda Mbah Nowong terjerat oleh Tanaman Kedelai, sehingga menyebabkan dia tersungkur jatuh hingga menemui ajalnya, sehingga masyarakat Desa Krandegan sampai saat ini tidak berani menanam Kedelai dikarenakan takut akan adanya bencana yang mengancam.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jalan Pisang No 01 Desa Krandegan, Kec. Ngrambe, Kab. Ngawi, Kodepos 63263
Desa : Krandegan
Kecamatan : Ngrambe
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63263
Telepon :
Email : krandegan.ngbe@gmail.com